Tujuan SDGs 01 : MENGAKHIRI KEMISKINAN DALAM SEGALA BENTUK DIMANAPUN |
Target 1.2 : Pada Tahun 2030 Mengurangi setikdaknya setengah proporsi lakilaki, perempuan dan anak-anak dari semua usia, yang hidup dalam kemiskinan di semua dimensi, sesuai dengan definisi nasional. |
Persentase penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional, menurut jenis kelamin dan kelompok umur. |
persen |
|
14.88 |
14.58 |
14.28 |
13.73 |
13.06 |
1.3 Menerapkan secara nasional sistem dan upaya perlindungan sosial yang tepat bagi 2030 mencapai cakupan substansial bagi kelompok miskin dan rentan. semua, termasuk kelompok yang paling miskin, dan pada tahun .2030 mencapai cakupan substansial bagi kelompok miskin dan rentan. |
Proporsi peserta jaminan kesehatan melalui SJSN Bidang Kesehatan |
Persen |
|
72.89 |
NA |
72.74 |
- |
64.33 |
Persentase penyandang disabilitas yang miskin dan rentan yang terpenuhi hak dasarnya dan inklusivitas. |
Persen |
|
29.53 |
63.83 |
78.6 |
88.76 |
- |
Jumlah rumah tangga yang mendapatkan bantuan tunai bersyarat/Progr am Keluarga Harapan |
KPM |
|
23,189 |
26,543 |
24,007 |
22,960 |
- |
1.4 Pada Tahun 2030 Menjamin bahwa semua laki-laki dan perempuan, khususnya masyarakat miskin dan rentan, memiliki hak yang sama terhadap sumber daya ekonomi, serta akses terhadap pelayanan dasar, kepemilikan dan kontrol atas tanah dan bentuk kepemilikan lain, warisan, sumber daya alam, teknologi baru, dan jasa keuangan yang tepat, termasuk keuangan mikro. |
Persentase perempuan pernah kawin umur 15-49 tahun yang proses melahirkan terakhirnya di fasilitas kesehatan. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase anak umur 12-23 bulan yang menerima imunisasi dasar lengkap. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Prevalensi penggunaan metode kontrasepsi (CPR) semua cara pada Pasangan Usia Subur (PUS) usia 15-49 tahun yang berstatus kawin. |
Persen |
|
20.03 |
80.08 |
58.59 |
61.12 |
71.56 |
Persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap layanan sumber air minum layak dan berkelanjutan. |
Persen |
|
77.37 |
79.7 |
84.67 |
86.06 |
87.25 |
Persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap layanan sanitasi layak dan berkelanjutan. |
Persen |
|
72.79 |
89.59 |
92.62 |
96.51 |
97.70 |
Angka Partisipasi Murni (APM)SD/MI/sederajat. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Angka Partisipasi Murni (APM)SMP/MTs/ sederajat. |
Persen |
|
71.14 |
75.79 |
NA |
NA |
37.82 |
Persentase rumah tangga miskin dan rentan yang sumber penerangan utamanya listrik baik dari PLN dan bukan PLN. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Target 1.5 : Membangun ketahanan masyarakat miskin dan mereka yang berada dalam kondisi rentan, dan mengurangi kerentanan mereka terhadap kejadian ekstrim terkait iklim dan guncangan ekonomi, sosial, lingkungan, dan bencana. |
Pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana sosial. |
|
|
|
|
|
|
|
Pendampingan psikososial korban bencana sosial. |
|
|
|
|
|
|
|
Target 1.a : Menjamin mobilisasi yang signifikan terkait sumber daya dari berbagai sumber, termasuk melalui kerjasama pembangunan yang lebih baik, untuk menyediakan sarana yang memadai dan terjangkau bagi negara berkembang, khususnya negara kurang berkembang untuk melaksanakan program dan kebijakan mengakhiri kemiskinan di semua dimensi. |
Proporsi sumber daya yang dialokasikan oleh pemerintah secara langsung untuk program pemberantasan kemiskinan. |
|
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 02 : MENGHILANGKAN KELAPARAN, MENCAPAI KETAHANAN PANGAN DAN GIZI YANG BAIK, SERTA MENINGKATKAN PERTANIAN BERKELANJUTAN |
Target 2.1 : Menghilangkan kelaparan dan menjamin akses bagi semua orang, khususnya orang miskin dan mereka yang berada dalam kondisi rentan, termasuk bayi, terhadap makanan yang aman, bergizi, dan cukup sepanjang tahun. |
Prevalensi Ketidakcukupan Konsumsi Pangan (Prevalence of Undernourishment). |
|
|
2,237.3 |
1,930 |
2,152 |
- |
- |
Prevalensi kekurangan gizi (underweight) pada anak balita. |
|
|
11.43 |
7.43 |
7.32 |
- |
9.46 |
Prevalensi penduduk dengan kerawanan pangan sedang atau berat, berdasarkan pada Skala Pengalaman Kerawanan Pangan. |
|
|
4 |
3 |
3 |
- |
- |
Proporsi penduduk dengan asupan kalori minimum di bawah 1400 kkal/kapita/hari. |
|
|
|
|
|
|
|
Target 2.2 : Pada Tahun 2030 menghilangkan segala bentuk kekurangan gizi, termasuk pada tahun 2025 mencapai target yang disepakati secara internasional untuk anak pendek dan kurus di bawah usia 5 tahun, dan memenuhi kebutuhan gizi remaja perempuan, ibu hamil dan menyusui, serta manula. |
Prevalensi stunting (pendek dan sangat pendek) pada anak di bawah lima tahun/balita. |
|
|
|
|
|
|
|
Prevalensi stunting (pendek dan sangat pendek) pada anak di bawah dua tahun/baduta. |
|
|
|
|
|
|
|
Prevalensi malnutrisi (berat badan/tinggi badan) anak pada usia kurang dari 5 tahun, berdasarkan tipe |
Laporan |
|
56.49 |
NA |
- |
- |
13.33 |
Prevalensi anemia pada ibu hamil |
Laporan |
|
9.32 |
NA |
- |
- |
- |
Persentase bayi usia kurang dari 6 bulan yang mendapatkan ASI eksklusif. |
Persen |
|
56.49 |
75.95 |
54.5 |
- |
85.34 |
Nilai Tambah Pertanian dibagi jumlah tenaga kerja di sektor pertanian (rupiah per tenaga kerja). |
|
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 03 : MENJAMIN KEHIDUPAN YANG SEHAT DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SELURUH PENDUDUK SEMUA USIA |
3.1 Masih adanya rasio angka kematian ibu hingga kurang dari 70 per 100.000 kelahiran hidup |
Angka Kematian Ibu (AKI). |
Kasus |
|
85.00 |
7 |
32 |
- |
272.96 |
Proporsi perempuan pernah kawin umur 15-49 tahun yang proses melahirkan terakhirnya ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
3.2 Masih adanya kematian bayi baru lahir dan balita yang dapat dicegah, dengan seluruh negara berusaha menurunkan Angka Kematian Neonatal setidaknya hingga 12 per 1000 KH (Kelahiran Hidup) dan Angka Kematian Balita 25 per 1000. |
Angka Kematian Balita (AKBa) per 1000 kelahiran hidup. |
Per 1000 |
|
2.00 |
0.44 |
3 |
- |
16.54 |
Angka Kematian Neonatal (AKN) per 1000 kelahiran hidup. |
Per 1000 |
|
13.00 |
7.4 |
15 |
- |
13.49 |
Angka Kematian Bayi (AKB) per 1000 kelahiran hidup. |
Per 1000 |
|
3.00 |
2.45 |
2 |
- |
16.06 |
Persentase kabupaten/kota yang mencapai 80% imunisasi dasar lengkap pada bayi. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
3.3 Masih adanya epidemi AIDS, tuberkulosis, malaria, dan penyakit tropis yang terabaikan, dan memerangi hepatitis, penyakit bersumber air, serta penyakit menular lainnya. |
Prevalensi HIV pada populasi dewasa. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Insiden Tuberkulosis (ITB) per 100.000 penduduk. |
Per 100.000 |
|
693.00 |
110.31 |
826 |
- |
223.09 |
Kejadian Malaria per 1000 orang. |
Per 1000 |
|
|
|
|
|
|
Jumlah kabupaten/kota yang mencapai eliminasi malaria. |
Kab/Kota |
|
|
|
|
|
|
Persentase kabupaten/kota yang melakukan deteksi dini untuk infeksi Hepatitis B. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase merokok pada penduduk umur ≤18 tahun. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Prevalensi tekanan darah tinggi. |
Persen |
|
36.85% |
66.2 |
0.24 |
- |
20.82 |
Prevalensi obesitas pada penduduk umur ≥18 tahun |
Persen |
|
9.30% |
3.2 |
- |
- |
- |
Jumlah kabupaten/ kota yang memiliki puskesmas yang menyelenggarakan upaya kesehatan jiwa. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Proporsi perempuan usia reproduksi (15-49 tahun) atau pasangannya yang memiliki kebutuhan keluarga berencana dan menggunakan alat kontrasepsi metode modern. |
Persen |
|
20.03 |
80.08 |
58.59 |
61.12 |
71.56 |
Angka prevalensi penggunaan metode kontrasepsi (CPR) semua cara pada Pasangan Usia Subur (PUS) usia 15-49 tahun yang berstatus kawin. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Angka penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) cara modern. |
Persen |
|
20.03 |
19.09 |
10.61 |
10.43 |
14.10 |
Angka kelahiran pada perempuan umur 15-19 tahun (Age Specific Fertility Rate/ASFR). |
Persen |
|
13.93 |
8.07 |
4.34 |
4.37 |
NA |
Total Fertility Rate (TFR). |
Persen |
|
2.22 |
2.22 |
2.12 |
2.11 |
2.10 |
Jumlah penduduk yang dicakup asuransi kesehatan atau sistem kesehatan masyarakat per 1000 penduduk. |
Per 1000 |
|
312.00 |
946 |
365 |
- |
744.89 |
Cakupan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). |
Persen |
|
83.18 |
94.6 |
100 |
- |
74.49 |
Persentase merokok pada penduduk umur ≥15 tahun. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase ketersediaan obat dan vaksin di Puskesmas. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Kepadatan dan distribusi tenaga kesehatan. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 04 : MENJAMIN KUALITAS PENDIDIKAN YANG INKLUSIF DAN MERATA SERTA MENINGKATKAN KESEMPATAN BELAJAR SEPANJANG HAYAT UNTUK SEMUA |
4.1 Belum terjaminnya semua anak perempuan dan laki-laki menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah tanpa dipungut biaya, setara, dan berkualitas, yang mengarah pada capaian pembelajaran yang relevan dan efektif. |
Proporsi anak-anak dan remaja: (a) pada kelas 4, (b) tingkat akhir SD/kelas 6, (c) tingkat akhir SMP/kelas 9 yang mencapai standar kemampuan minimum dalam: (i) membaca, (ii) matematika. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase SD/MI berakreditasi minimal B. |
Persen |
|
71.20 |
NA |
NA |
NA |
71.62 |
Persentase SMP/MTs berakreditasi minimal B. |
Persen |
|
65.30 |
NA |
NA |
NA |
65.33 |
Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/MI/sederaj at. |
Persen |
|
108.19 |
108.1 |
NA |
NA |
85.82 |
Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs/sede rajat. |
Persen |
|
114.06 |
104.51 |
NA |
NA |
53.36 |
Rata-rata lama sekolah penduduk umur ≥15 tahun. |
Persen |
|
6.21 |
6.59 |
NA |
NA |
NA |
4.2 Belum terjaminnya bahwa semua anak perempuan dan laki-laki memiliki akses terhadap perkembangan dan pengasuhan anak usia dini, pengasuhan, pendidikan prasekolah dasar yang berkualitas, sehingga mereka siap untuk menempuh pendidikan dasar. |
Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). |
Persen |
|
46.06 |
64.2 |
NA |
NA |
26.93 |
4.4 Meningkatkan secara signifikan jumlah pemuda dan orang dewasa yang memiliki keterampilan yang relevan, termasuk keterampilan teknik dan kejuruan, untuk pekerjaan, pekerjaan yang layak dan kewirausahaan |
Proporsi remaja dan dewasa dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). |
Persen |
|
|
|
|
|
|
4.6 meningkatkan secara signifikan jumlah pemuda dan orang dewasa yang memiliki keterampilan yang relevan, termasuk keterampilan teknik dan kejuruan, untuk pekerjaan, pekerjaan yang layak dan kewirausahaan |
Persentase angka melek aksara penduduk umur ≥15 tahun. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase angka melek aksara penduduk umur 15-24 tahun dan umur 15-59 tahun. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan PLB yang bersertifikat pendidik. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 05 : MENCAPAI KESETARAAN GENDER DAN MEMBERDAYAKAN KAUM PEREMPUAN |
5.1 Masih adanya segala bentuk diskriminasi terhadap kaum perempuan dimanapun. |
Jumlah kebijakan yang responsif gender mendukung pemberdayaan perempuan |
Persen |
|
19 |
14 |
92 |
25 |
8 |
5.2 Masih adanya bentuk kekerasan terhadap kaum perempuan di ruang publik dan pribadi, termasuk perdagangan orang dan eksploitasi seksual, serta berbagai jeniseksploitasi lainnya. |
Proporsi perempuan dewasa dan anak perempuan (umur 15- 64 tahun) mengalami kekerasan (fisik, seksual, atau emosional) oleh pasangan atau mantan pasangan dalam 12 bulan terakhir. |
Persen |
|
0.002 |
NA |
0.005 |
0.007 |
0.007 |
Prevalensi kekerasan terhadap anak perempuan. |
Persen |
|
0.015 |
NA |
0.033 |
0.027 |
0.048 |
Proporsi perempuan dewasa dan anak perempuan (umur 15- 64 tahun) mengalami kekerasan seksual oleh orang lain selain pasangan dalam 12 bulan terakhir. |
Persen |
|
0.0017 |
NA |
0.0046 |
0.0099 |
0.0138 |
5.3 Masih adanya praktik berbahaya, seperti perkawinan usia anak, perkawinan dini dan paksa, serta sunat perempuan. |
Proporsi perempuan umur 20-24 tahun yang berstatus kawin atau berstatus hidup bersama sebelum umur 15 tahun dan sebelum umur 18 tahun. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Median usia kawin pertama perempuan pernah kawin umur 25-49 tahun. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Angka kelahiran pada perempuan umur 15-19 tahun (Age Specific Fertility Rate/ASFR). |
Persen |
|
13.93 |
8.07 |
4.34 |
4.37 |
NA |
5.5 Belum terjaminnya partisipasi penuh dan efektif, dan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk memimpin di semua tingkat pengambilan keputusan dalam kehidupan politik, ekonomi, dan masyarakat. |
Proporsi kursi yang diduduki perempuan di parlemen tingkat pusat, parlemen daerah dan pemerintah daerah. |
Persen |
|
20 |
20 |
20 |
20 |
20 |
Proporsi perempuan yang berada di posisi managerial. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
5.6 Belum terjaminnya akses universal terhadap kesehatan seksual dan reproduksi, dan hak reproduksi seperti yang telah disepakati sesuai dengan Programme of Action of the International Conference on Population andDevelopmen t and the Beijing Platform serta dokumendokumen hasil reviu dari konferensikonferensi tersebut. |
Unmet need KB (Kebutuhan Keluarga Berencana/KB yang tidak terpenuhi) |
Persen |
|
12.04 |
6.11 |
12.57 |
19.26 |
8.66 |
Pengetahuan dan pemahaman Pasangan Usia Subur (PUS) tentang metode kontrasepsi modern. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Proporsi individu yang menguasai/memiliki telepon genggam. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 06 : MENJAMIN KETERSEDIAAN SERTA PENGELOLAAN AIR BERSIH DAN SANITASI YANG BERKELANJUTAN UNTUK SEMUA |
6.1 Belum tercapainya akses universal dan merata terhadap air minum yang aman dan terjangkau bagi semua. |
Persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap layanan sumber air minum layak. |
Persen |
|
77.37 |
79.7 |
84.67 |
86.06 |
87.25 |
Kapasitas prasarana air baku untuk melayani rumah tangga, perkotaan dan industri, serta penyediaan air baku untuk pulau- pulau. |
Persen |
|
NA |
625 |
625 |
625 |
NA |
Proporsi populasi yang memiliki akses layanan sumber air minum aman dan berkelanjutan. |
Persen |
|
2.5 |
2.8 |
3.1 |
4.5 |
NA |
6.2 Belum tercapainyai akses terhadap sanitasi dan kebersihan yang memadai dan merata bagi semua, dan menghentikan praktik buang air besar di tempat terbuka, memberikan perhatian khusus pada kebutuhan kaum perempuan, serta kelompok masyarakat rentan. |
Proporsi populasi yang memiliki fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap layanan sanitasi layak. |
Persen |
|
94.46 |
96.1 |
NA |
96.51 |
97.70 |
Jumlah desa/kelurahan yang melaksanakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). |
Desa/Kel |
|
|
|
|
|
|
Jumlah desa/kelurahan yang Open Defecation Free (ODF)/ Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS). |
Desa/Kel |
|
|
|
|
|
|
Jumlah kabupaten/kota yang terbangun infrastruktur air limbah dengan sistem terpusat skala kota, kawasan dan komunal. |
Kws |
|
|
|
|
|
|
Proporsi rumah tangga yang terlayani sistem pengelolaan air limbah terpusat. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
6.3 Belum optimalnya kualitas air dengan mengurangi polusi, menghilangkan pembuangan, dan meminimalkan pelepasan material dan bahan kimia berbahaya, mengurangi setengah proporsi air limbah yang tidak diolah, dan secara signifikan meningkatkan daur ulang, serta penggunaan kembali barang daur ulang yang aman secara global |
Jumlah kabupaten/kota yang ditingkatkan kualitas pengelolaan lumpur tinja perkotaan dan dilakukan pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT). |
Kab |
|
|
|
|
|
|
Proporsi rumah tangga yang terlayani sistem pengelolaan lumpur tinja. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Kualitas air sungai sebagai sumber air baku |
Persen |
|
-10 |
NA |
NA |
NA |
NA |
Jumlah wilayah sungai yang memiliki partisipasi masyarakat dalam pengelolaan daerah tangkapan sungai dan danau. |
WS |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 07 : MENJAMIN AKSES ENERGI YANG TERJANGKAU, ANDAL, BERKELANJUTAN DAN MODERN UNTUK SEMUA |
7.2.1* Bauran energi terbarukan |
Bauran energi terbarukan. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Intensitas energi primer. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 08 : MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI YANG INKLUSIF DAN BERKELANJUTAN, KESEMPATAN KERJA YANG PRODUKTIF DAN MENYELURUH, SERTA PEKERJAAN YANG LAYAK UNTUK SEMUA |
8.2 Belum optimalnya penggalakkan kebijakan pembangunan yang mendukung kegiatan produktif,penciptaan lapangan kerja layak, kewirausahaan, kreativitas dan novasi dan mendorong formalisasi dan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah, termasuk melalui akses terhadap jasa keuangan. |
Laju pertumbuhan PDB per tenaga kerja/Tingkat pertumbuhan PDB riil per orang bekerja per tahun. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
8.3 Belum tercapainya pekerjaan tetap dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua perempuan dan laki-laki, termasuk bagi pemuda dan penyandang difabilita, dan upah yang sama untuk pekerjaan yang sama nilainya. |
Proporsi lapangan kerja informal sektor non-pertanian, berdasarkan jenis kelamin. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase tenaga kerja formal. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase tenaga kerja informal sektor pertanian. |
Persen |
|
NA |
NA |
NA |
NA |
NA |
Persentase akses UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) ke layanan keuangan. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Upah rata-rata per jam pekerja. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Tingkat pengangguran terbuka berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Tingkat setengah pengangguran. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
8.4 Masih kurangnya kebijakan untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan yang menciptakan lapangan kerja dan mempromosikan budaya dan produk lokal |
Persentase usia muda (15-24 tahun) yang sedang tidak sekolah, bekerja atau mengikuti pelatihan (NEET). |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Proporsi kontribusi pariwisata terhadap PDB. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Jumlah wisatawan mancanegara. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Jumlah kunjungan wisatawan nusantara. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Jumlah devisa sektor pariwisata. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Jumlah pekerja pada industri pariwisata dalam proporsi terhadap total pekerja. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Jumlah kantor bank dan ATM per 100.000 penduduk dewasa |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Rata-rata jarak lembaga keuangan (Bank Umum). |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Proporsi kredit UMKM terhadap total kredit. |
/UKM |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 09 : MEMBANGUN INFRASTRUKTUR YANG TANGGUH, MENINGKATKAN INDUSTRI INKLUSIF DAN BERKELANJUTAN, SERTA MENDORONG INOVASI |
9.1 Belum Signifikannya proporsi industri dalam lapangan kerja dan produkdomestik bruto,sejalan dengan kondisi nasional, dan meningkatkan dua kali lipat proporsinya dinegara kurang berkembang |
Proporsi tenaga kerja pada sektor industri manufaktur. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
jumlah dermaga penyeberangan |
Unit |
|
|
|
|
|
|
Proporsi nilai tambah industri kecil terhadap total nilai tambah industri. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Proporsi penduduk yang terlayani mobile broadband. |
|
|
|
|
|
|
|
Proporsi individu yang menguasai/memiliki telepon genggam |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Proporsi individu yang menggunakan internet |
Orang |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 10 : MENGURANGI KESENJANGAN INTRA - DAN ANTAR NEGARA |
10.1 Belum tercapainya pertumbuhan pendapatan penduduk yang berada dibawah 40% dari populasi pada tingkat yang lebih tinggi dari rata-rata nasional. |
Koefisien Gini. |
Nilai |
|
|
|
|
|
|
Persentase penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional, menurut jenis kelamin dan kelompok umur. |
Persen |
|
14.88 |
14.58 |
14.28 |
13.73 |
13.06 |
Jumlah Desa Mandiri. |
Desa |
|
|
|
|
|
|
10.2 Belum terjaminnya kesempatan yang sama dan mengurangi kesenjangan hasil,termasuk dengan menghapus hukum,kebijakan dan praktik yang diskrintif,dan mempromosikan legislasi, kebijakan dan tindakan yang tepat terkait legislasi dan kebijakan tersebut. |
Proporsi penduduk yang hidup di bawah 50 persen dari median pendapatan, menurut jenis kelamin dan penyandang difabilitas. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 11 : MENJADIKAN KOTA DAN PERMUKIMAN INKLUSIF, AMAN, TANGGUH DAN BERKELANJUTAN |
11.1 Masih adanya dampak lingkungan perkotaan perkapita yang merugikan,termasuk dengan memberi perhatian khusus pada kualitas udara,termasuk penanganan sampah kota. |
Proporsi rumah tangga yang memiliki akses terhadap hunian yang layak dan terjangkau. |
Unit |
|
|
|
|
|
|
Persentase sampah perkotaan yang tertangani. |
Persen |
|
58.32 |
NA |
46.57 |
18.14 |
38.24 |
Dokumen strategi pengurangan risiko bencana (PRB) tingkat daerah. |
Dokumen |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 12 : MENJAMIN POLA PRODUKSI DAN KOMSUMSI YANG BERKELANJUTAN |
12.1 Belum tercapainya pengelolaan bahan kimia dan semua jenis limbah yang ramah lingkungan, di sepanjang siklus hidupnya, sesuai kerangka kerja internasional yang disepakati dan secara signifikan mengurangi pencemaran bahan kimia dan limbah tersebut ke udara, air, dan tanah untuk meminimalkan dampak buruk terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. |
Jumlah limbah B3 yang terkelola dan proporsi limbah B3 yang diolah sesuai peraturan perundangan (sektor industri). |
Kg |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 16 : MENGUATKAN MASYARAKAT YANG INKLUSIF DAN DAMAI UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN, MENYEDIAKAN AKSES KEADILAN UNTUK SEMUA, DAN MEMBANGUN KELEMBAGAAN YANG EFEKTIF, AKUNTABEL, DAN INKLUSIF DISEMUA TINGKATAN |
16.1 Masih adanya segala bentuk kekerasan dan terkait angka kematian dimanapun. |
Kematian disebabkan konflik per 100.000 penduduk. |
Kasus |
|
3 |
NA |
NA |
NA |
NA |
Proporsi penduduk yang menjadi korban kejahatan kekerasan dalam 12 bulan terakhir. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Proporsi penduduk yang merasa aman berjalan sendirian di area tempat tinggalnya. |
Persen |
|
0.99 |
NA |
NA |
NA |
NA |
16.3 Masih adanya korupsi dan penyuapan dalam segala bentuknya. |
Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK). |
|
|
|
|
|
|
|
16.4 Belum dikembangkannya lembaga yang efektif, akuntabel, dan transparan di semua tingkat. |
Proporsi pengeluaran utama pemerintah terhadap anggaran yang disetujui.Lembaga dan Pemerintah Daerah (Provinsi/ Kabupaten/ Kota). |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase peningkatan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota). |
Opini BPK |
|
|
|
|
|
|
Persentase peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Provinsi/ Kabupaten/Kota). |
Persen |
|
11.43% |
NA |
NA |
NA |
NA |
Persentase penggunaan E-procurement terhadap belanja pengadaan. |
Persen |
|
45.73 |
NA |
NA |
NA |
NA |
Persentase Kepatuhan pelaksanaan UU Pelayanan Publik Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Provinsi/ Kabupaten/Kota). |
Persen |
|
75% |
NA |
B |
NA |
NA |
16.5 Belum terjaminnya pengambilan keputusan yang responsif, inklusif, partisipatif dan representatif di setiap tingkatan. |
Persentase keterwakilan perempuan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase keterwakilan perempuan sebagai pengambilan keputusan di lembaga eksekutif (Eselon I dan II). |
Persen |
|
|
|
|
|
|
16.6 Belum optimalnya pemberian identitas yang syah bagi semua, termasuk pencatatan kelahiran |
Persentase anak yang memiliki akta kelahiran. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Jumlah kepemilikan sertifikat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk mengukur kualitas PPID dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan. |
Orang |
|
|
|
|
|
|
Jumlah kebijakan yang diskriminatif dalam 12 bulan lalu berdasarkan pelarangan diskriminasi menurut hukum HAM Internasional. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Tujuan SDGs 17 : MENGUATKAN SARANA PELAKSANAAN DAN MEREVITALISASI KEMITRAAN GLOBAL UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN |
17.1. Belum Kuatnya mobilisasi sumber daya domestik, termasuk memlalui dukungan internasional kepada negara berkembang, untuk meningkatkan kapasitas lokal bagi pengumpulan pajak dan pendapatan lainnya |
Rasio penerimaan pajak terhadap PDB. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
17.2. Belum optimalnya operasionalisasi secara penuh bank teknologi dan sains mekanisme pembangunan kapasitas teknologi dan inovasi untuk negara kurang berkembang pada tahun 2017 dan meningkatkan penggunaan teknologi yang memampukan, khususnya teknologi informasi dan komunikasi |
Tingkat penetrasi akses tetap pitalebar (fixed broadband) di Perkotaan dan di Perdesaan. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Proporsi penduduk terlayani mobile broadband |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Proporsi individu yang menggunakan internet. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Persentase kabupaten 3T yang terjangkau layanan akses telekomunikasi universal dan internet. |
Persen |
|
|
|
|
|
|
Jumlah proyek yang ditawarkan untuk dilaksanakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). |
Proyek |
|
|
|
|
|
|
Jumlah alokasi pemerintah untuk penyiapan proyek, transaksi proyek, dan dukungan pemerintah dalam Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). |
Proyek |
|
|
|
|
|
|